7 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris secara Cepat dan Mudah

Lihat dulu ni Gaes cara Jitu Belajar Bahasa Inggris

Saat kita melihat petarung MMA Khabib Nurmagomedov bermain di Octagon tanpa terkalahkan, sejenak coba kita berpikir, apakah dia mendapat mukjizat atau dia terlahir menjadi manusia super? Tentu saja tidak, Khabib Nurmagomedov meraih kemenangan dengan banyak melakukan latihan dan latihan, disiplin dan mempelajari berbagai macam tips dan trik yang harus dia kuasai. 

Belajar Bahasa Inggris juga butuh motivasi dan dedikasi yang kuat dari diri kamu sendiri, kamu harus menguasai banyak hal, namun perbedaannya kamu tidak harus tampil menang, bisa menulis dan tampil berbicara saja kamu sudah hebat, walau ada kesalahan, nah kamu bisa minimalisir dan mencoba kembali.

Pada kesempatan kali ini Biner English Center akan membagikan Tips Belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah, walau berapapun yang tips sudah kamu ketahui sebelumnya. Tips ini akan memberi penjelasan dan beberapa contoh serta referensi yang layak untuk kamu pelajari.

7 Tips Jitu Belajar Bahasa Inggris secara cepat dan mudah

1. Latihan dan Latihan

Seperti kalimat pembuka diatas, tidak ada cara instan belajar bahasa inggris, kamu harus banyak melakukan latihan dan latihan. Apa yang sudah kamu pelajari, tanpa mau kamu melatihnya, maka itu akan sia sia dan cenderung hilang dari ingatanmu, berlatih adalah cara terbaik belajar bahasa inggris.

Jika kamu seorang siswa atau mahasiswa, maka lakukanlah tugas tugasmu dengan baik, serta menyelesaikan pekerjaan rumah. Namun, kamu bisa juga belajar diluar kegiatan formal, baik berlatih ditempat wisata yang ada bule nya maupun bersama teman temanmu. 

Namun, dengan teknologi saat ini kamu bisa belajar melalui aplikasi FluentU kamu bisa mengunduhnya di Android maupun Apple, aplikasi ini cukup menghibur, kamu bisa mencobanya selama 14 hari yang kontennya diambil dari video cuplikan film, berita, percakapan yang menginspirasi yang di gunakan sebagai pembelajaran secara mudah.

2. Menemukan Motivasi

Setiap orang pasti punya motivasi tersendiri, apakah terkait tempat wisata, kuliah, ataupun sekedar menarik hati lawan jenis dari luar negeri melalui media sosial, ome tv, dan alasannya lainnya. Motivasi ini penting karena terkait dengan fokus kamu terhadap vocab apa yang wajib kamu hafal.

Motivasi yang kamu miliki harus kamu pertahankan, agar kamu tidak kebingungan saat berbicara dengan orang lain terhadap topik yang dibicarakan.

3. Sungguh Sungguh Sambil Bermain 

Banyak streamer game yang muncul saat ini, mereka tanpa sadar belajar bahasa inggris baik dari fitur fitur game itu sendiri seperti PUBG, Mobile Legends, Free fire dan game lainnya. Streamer atau gamer akan belajar secara otomatis, mereka akan mengetahui makna dan cara pengucapannya baik belajar mapun dari teman mereka.

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, permainan apapun jenisnya jika kamu tertarik kamu akan cepat menguasainya, saya contohkan dalam permainan PUBG Mobile, kita memiliki 1 squad yang terdiri dari 4 orang, jika kita bermain secara random kita akan dipertemukan dalam server asia atau server lainnya, tentu bahasa yang menyatukannya adalah bahasa inggris. Percakapan demi percakapan jika kamu memulainya maka akan di mengerti oleh tim kamu.

4. Fokuskan Berkomunikasi dulu

Jika kamu mengambil jurusan kuliah Bahasa Inggris, kamu akan menemukan tahapan tahapan belajar Bahasa Inggris, baik belajar Grammar I, Speaking I, Listening I dan kamu tidak diwajibkan harus bisa berbicara bahasa inggris pada semester semester awal. Kamu akan banyak melakukan banyak tugas tugas lainnya, karena kamu gak cuma belajar bahasa inggris, kamu juga harus belajar mata kuliah tambahan lainnya, baik metode penelitian, dan lainnya.

Kamu akan memulai komunikasi pada semester 3, pada waktu itu bisa saja komunikasinya dalam bentuk perdebatan, bahas puisi maupun bercerita, tentu ini akan membuatmu kesulitan karena sudah memasuki tahun kedua. Cara terbaik adalah fokuskan agar kamu bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris terlebih dahulu. Jika kamu punya teman, maka mulailah dari sana, jika tidak ada, gunakan media sosial facebook, kamu bisa add teman dari luar negeri sekedar berlatih atau aplikasi lainnya sehingga kamu bisa berkomunikasi. Jika ada kesalahan, lawan bicara akan mengoreksinya sehingga kamu dengan sendirinya akan belajar dengan menyenangkan.

5. Jangan Terjemahkan Bahasa

Masalah yang kita hadapi dalam kesulitan belajar bahasa Inggris adalah adanya godaan Google Translate. Kamu bisa saja menerjemahkan bahasa indonesia ke bahasa inggris, namun saat penutur asli atau orang amerika atau inggris mendengar apa yang kamu katakan maka itu akan terlihat aneh bagi mereka. Karena setiap bahasa memiliki keunikan tersendiri, kamu gak bisa serta merta terjemahkan bahasa mereka ke bahasa indonesia, namun kamu cari kata yang sepadan dengan bahasa kita. 

6. Bersikap Realistis

Tidak mungkin kamu berlatih 5-6 jam perhari, tentu kamu harus memiliki momen tersendiri dalam belajar bahasa inggris, kamu bisa luangkan waktu 1-2 jam perhari, atau sekitar 20 menit untuk berlatih berbicara dalam bahasa inggris. Carilah video video atau cuplikan video yang fokus memotivasi kamu belajar bahasa inggris, atau kata kata mutiara dalam bahasa inggris dan menghafalnya. 

Meluangkan waktu sebentar namun bersungguh-sungguh setiap hari akan membuatmu lebih menyenangkan dalam bahasa inggris.

7. Ketahui Level Bahasa Inggrismu

Saat belajar bahasa inggris kamu akan menemukan banyak buku ataupun artikel artikel yang terkaang sulit kamu pahami. Jangan sia siakan waktu mempelajari hal rumit dalam bahasa inggris, jika diperlukan seperti kamu harus tes Toefl masuk ke perguruan tinggi kamu bisa belajar kursus Toefl atau mencoba aplikasinya di Android, maka kamu akan menemukan pada level mana bahasa inggrismu saat ini. Itu berarti jangan memaksakan sesuatu yang kamu gak tau dan kegunaannya di masa depan.

Inilah tips tips yang harus kamu tau dalam pembelajaran bahasa inggris, dan jangan pernah takut melakukan sesuatu diluar formalitas yang ada, lakukan jika itu menyenangkan bagimu.

Post a Comment