Apa itu Pertanyaan Penegas (Question Taq) dalam Bahasa Inggris?

Membahas Pertanyaan Penegas dalam Bahasa Inggris

Pertanyaan Penegas (Question Taq) adalah suatu pertanyaan pendek diakhir kalimat yang digunakan untuk mempertegas pernyataan sebuah kalimat. Dalam sebuah percakapan, untuk meyakinkan lawan bicara atau meminta jawaban diperlukan pertanyaan penegas secara singkat. Pada kesempatan ini kita akan membahas khusus dalam Bahasa Inggris

Perhatikan contoh dibawah ini :

  • You are a student, are you? (Kamu seorang pelajar, bukan?)
  • He is driver, isn't he? (Dia seorang sopir, bukan?

Pada contoh kalimat diatas, are you? dan isn't he? merupkan pertanyaan penegas, sedangkan kalimat You are a student dan He is driver merupakan kalimat pernyataan. 

Mari kita lihat aturan untuk membentuk Question Taq, yaitu :

1. Jika sebuah pernyataan merupakan kalimat positif (+) maka question taqnya negatif (-)

  • Andi buys a book, doesn't he? Andi membeli sebuah buku, bukan?
  • Bagus is handsome, isn't he? Bagus ganteng, bukan?

2. Jika sebuah pernyataan merupakan kalimat negatif (-) maka question taqnya positif (+)

  • He isn't not happy, is he? dia tidak bahagia, bukan?
  • They are not student, are they? Mereka bukan pelajar, bukan?

Pertanyaan Penegas atau Question Taq dibentuk dari kata kerja bantu (auxiliary verb) yaitu ; am, are, is, do, did, does, can, has, have, may, must, will, shall, dll) dan disatukan dengan kata ganti orang (personal pronoun) yaitu ; I, You, They, We, She, He dan it.

Jika dalam sebuah kalimat pernyataan terdapat To be (is, am, are, were, was) maka to be tersebut di ulang kembali dalam question taq, tentunya dalam bentuk berlawanan dengan statement baik bentuk positif dan negatif.

Lihat dan perhatikan contoh dibawah ini :

  • You are not farmer, are you? Kamu bukan petani, bukan?
  • He is you father, isn't he? Dia ayahmu, bukan?

Jika sebuah kalimat pernyataan menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb) seperti, can, may, will, shall, should, whould, has, had  maka kata kerja bantu ini harus diulang dalam question taq yang berlawan bentuknya dengan kalimat pernyataan.

  • You will come there, won't you? Kamu akan datang kesana, bukan?

Berikut kalimat penegas berbentuk pertanyaan yang biasanya menggunakan "will/shall" :

  • Stop the noise, will you? Hentikan keributan?

Sebuah kalimat penegas (question taq) pada dasarnya membutuhkan respon atau jawaban dari lawan bicara. Jawabannya bisa "yes" atau "no" dan biasanya, jika sebuah pernyataan (statement) berbentuk positif maka jawabannya "yes" namun jika pernyataannya (statement) berbentuk negatif maka jawabannya adalah "no"

  • You see her in the car, don't you? Kamu melihatnya di mobil, bukan?
  • She doesn't like cooking, does she? Dia tidak suka memasak, bukan?

Sampai disini kita sudah membahas question taq atau pertanyaan penegas dalam bahasa inggris, dan jika ada pembaharuan contoh ataupun teori baru akan kami sisipkan atau update pada artikel ini, namun jika banyak, maka akan kami bahas pada artikel khusus question taq bagian kedua. Jadi tetap kepoin blog Biner English Center ini ya, jangan lupa bagikan dan tinggalin komentar dibawah agar orang tau kamu pernah kesini, bagi yang ingin download artikel ini dalam format pdf silahkan klik tombol download dibawah ini.

Post a Comment